30
May

Manual Installasi WordPress

Penulis IB. >>> Di Dalam Kategori Belajar Website, Wordpress

Manual Installasi WordPress di cPanel

Manual Installasi WordPressManual installasi wordpress di cPanel bisa masbro / mbasis lakukan dengan mudahnya, meski untuk para pemula sekalipun yang baru saja pertama kali ingin belajar membuat website. Pada postingan kali ini saya ingin sharing dengan masbro / mbasis secara detail agar gampang untuk diikuti, berikut di bawah nanti akan saya coba sertakan gambar untuk panduan Manual Installasi WordPress di cPanel. Dan untuk langkah awal mungkin bisa berkunjung ke situs wordpress.org agar sedikit pencerahan apa itu wordpress.

Manual Installasi WordPress itu Mudah

Manual Installasi WordPress seperti yang disebutkan di atas bahwa sangat mudah sekali serta tidak memerlukan waktu yang lama untuk mengerjakannya. Jadi langsung saja tanpa harus menunggu lagi kita langsung mulai saja untuk melanjutkan manual installasi wordpress ini… Harap bersabar saat loading postingan ini mungkin agak sedikit lambat dikarenakan Manual Installasi WordPress disertakan dengan detail gambar dari awal pengerjaan sampai selesai launching websitenya.

Manual Installasi WordPress Step by Step

Manual installasi wordpress  di bawah ini agar diperhatikan lebih sedikit teliti agar masbro / mbasis bisa berhasil launching websitenya, ikuti step by step Manual Installasi WordPress dibawah ini :

1. Kunjungi dan download gratis di hxxp://wordpress.org/download/ (* kebetulan saat panduan manual installasi wordpress ini dibuat posisi pada versi 3.3.2)

Download WordPress

2. Simpan file .zip wordpress di komputer masbro / mbasis

Simpan File WordPress

3. Login ke cPanel hosting masbro / mbasis untuk upload file wordpress

Login cPanel

4. Setelah login dan memasuki cPanel, langsung cari dan klik icon File Manager

File Manager cPanel

5. Pilih Root directory untuk penempatan file wordpress

Masuk Root Directory

6. Upload file .zip wordpress yang pada langkah kedua tadi disimpan pada komputer masbro / mbasis dengan meng-klik icon upload di atas.

Upload File WordPress

Telusuri File Komputer

Upload WordPress zip

7. Menunggu proses upload file wordpress sampai terlihat complete

Upload File WordPress Complete

8. Setelah upload complete, langsung kembali ke file manager dan ekstrak file .zip wordpress (* pastikan file .zip sudah diblok dan baru klik icon ekstrak yang ada di atas)

Ekstrak File zip WordPress

Ekstrak File di public_html

Proses Ekstrak File WordPress

Konfirmasi Isi File WordPress

9. Ekstrak File .zip wordpress telah berhasil maka akan muncul folder baru dengan nama wordpress, dan untuk menghemat space hosting karena file .zip sudah tidak digunakan lagi langsung hapus saja dengan klik icon delete yang ada di atas. (* pastikan jangan sampai salah delete file)

Delete File zip WordPress

10. Pindahkan isi file yang ada di folder wordpress ke dalam root directory dengan cara klik dua kali folder tersebut.

Buka Folder WordPress

11. Didalam folder wordpress terlihat isi file, dan untuk memindahkannya klik icon select all di atas sampai semua file terpilih dan siap untuk dipindahkan.

Select File WordPress

Pastikan Select file

12. Klik icon move file untuk memindahkan semua file yang ada di dalam folder wordpress

Move File WordPress

13. Karena semua file wordpress ingin di pindah ke root directory maka hapus tulisan wordpress sehingga hanya tersisa /public_html/

Delete WordPress

14. Selanjutnya langsung klik tombol Move File(s)

Move Files WordPress

15. Terlihat sekarang file yang ada di dalam folder wordpress telah kosong, maka untuk melihat keberhasilannya langsung klik Up One Level agar memasuki root directory dimana file tersebut tadi dipindahkan.

Folder WordPress Empty

16. Berhasil sudah memindahkan file wordpress, dan folder wordpress tersebut tentunya tidak lagi menjadi berguna karena sudah kosong. Langsung saja delete…

Delete Folder WordPress

17. Selesai sudah tahap upload dan beres-beres di File manager, sekarang kembali lagi ke halaman cPanel masbro / mbasis dalam untuk tahap selanjutnya yakni membuat database. Pada cPanel cari dan klik icon MySQL Database Wizard

MySQL Database Wizard

18. Pada MySQL Database Wizard masbro / mbasis step 1 akan dipandu untuk membuat database baru, silahkan masukkan nama data base sesuai yang diinginkan kemudian klik tombol Next Step.

Memberi Nama Database Baru

19. Dan dilangkah kedua ini masbro / mbasis dipandu untuk pembuatan username dari database dengan maksimal tujuh karakter, yang bisa berupa pengabungan huruf dan angka. Dan mengenai passwordnya bisa gunakan password sesuai keinginan sendiri, apa bila ingin dibuatkan agar menjadi unik klik saja tombol password generator. (* kalau saya pribadi biasa menggunakan password generator).

Membuat Username Database

Menggunakan Password Generator

Create User

20. Simpan pada username + database name + password sesuai gambar dalam kotak dibawah ini, karena akan diperlukan nanti untuk bagian langkah selanjutnya.

Simpan User Database

21. Selesai sudah dalam pembuatan nama database + username database beserta passwordnya

Membuat database selesai

22. Setelah upload file dan pembuatan database selesai, sekarang menuju tahap akhir dari postingan manual installasi wordpress yakni dengan installasi website. langsung saja buka browser baru dan ketikkan nama domain masbro / mbasis yang contoh manual installasi wordpress di sini adalah saya install website http://indobisnis.info maka akan muncul gambar seperti di bawah untuk configurasi langsung klik tombol Create a configuration file dan halaman selanjutnya skip / langkahi dengan klik tombol Lest’ go

Create Configuration File WordPress

Let's Go Create WordPress

23. Bagian tahap manual installasi wordpress ini adalah berfungsi untuk koneksikan file wordpress dengan database yang masbro / mbasis buat tadi, masukkan data yang disimpan tadi pada langkah nomor 20 (dua puluh). Dan bagian kolom table prefix untuk alasan keamanan, silahkan ganti dengan yang unik dari yang standart di miliki wordpress yakni wp_

Configurasi database wordpress

Input Databse WordPress

24. Bila semua pengisian kolom sudah dipastikan benar, maka langsung saja klik tombol Run the Install

Run Install WordPress

25. Isi kolom untuk informasi website masbro / mbasis dan pada bagian username serta password ini berfungsi untuk masuk ke ruang dashboard admin nantinya. Bila sudah yakin dan siap, langsung saja klik tombol Install WordPress

Membuat username wordpress

26. Langkah manual installasi wordpress selanjutnya langsung masuk ke ruang admin masbro / mbasis untuk pertama kalinya yang dimana alamat default / standard ini hxxp://domain.com/wp-admin/ (* hxxp ganti dengan http).

Login wordpress

Login wp-admin

27. Selamat masbro telah memasuki dashboard admin untuk pertama kalinya… dan manual installasi wordpress pun  selesai…

Dashboard WordPress

28. Dan untuk finishing langsung buka browser masbro / mbasis untuk melihat hasil proses manual installasi wordpress dan pengerjaan selesai dengan sempurna

Wordpress First Time

Selesai sudah postingan dari saya ini, cara manual installasi wordpress. Sangat senang sekali bisa berbagi dengan masbro / mbasis. Semoga bisa bermanfaat dan tidak lupa salam sukses selalu.

 

* Manual Installasi WordPress

 

Label : , , , , ,

Pelacakan Dari Indobisnis.Web.Id.

Komentar (1)

  • doel doel
    January 11, 2013 at 4:39 pm |

    thanks mas bro tutornya… makin krean aja deh sampean bro

Isi Komentar Anda

Berlangganan Artikel


Sponsor Banner

Indobisnis Studio

Contact Us

Indobisnis Group
Jl. Kalipasir Indah No. 07
Tangerang
Banten - 15118
Indonesia

Telephone: +62.818 09 000 621

 

eMail us
(function() { var po = document.createElement('script'); po.type = 'text/javascript'; po.async = true; po.src = 'https://apis.google.com/js/plusone.js'; var s = document.getElementsByTagName('script')[0]; s.parentNode.insertBefore(po, s); })();